Minggu, 02 Oktober 2011

antara kebimbangan dan keyakinan

"Hidup itu membingungkan ya?", pertanyaan ini mungkin bagi orang yang tidak memiliki jalan hidup atau dalam artian tidak memiliki pendirian, karena dia sendiri tidak tahu maksud dia hidup untuk apa dan tujuannya kemana. Tapi bagi orang yang memiliki jalan hidup dia tidak pernah berkata bahwa hidup itu "membingungkan", karena dia hidup dengan realita, paham dengan maksud dan tahu tujuan.

Bisa kita ibaratkan orang yang hanya dalam hidupnya hanya sekedar ikut-ikutan saja seperti kelapa yang terombang-ambing ditengah lautan. Kelapa itu tidak memiliki jalan hidup dan tidak memiliki pendirian, dia hanya bisa dipermainkan oleh ombak, dibawa kesana dan kesini. Dalam hidup orang seperti itu hanya dapat capeknya saja tapi tidak dapat faedah dari apa yang dia kerjakan, yaa mungkin juga bisa dikata dia seperti kerbau yang ditusuk hidungnya.

Dengan mudah dia bisa dibawa oleh keadaan. Orang lain buat seperti ini dia pun ikut seperti ini, orang lain buat seperti itu dia pun ikut seperti itu dan gayanya bisa diibaratkan seperti musim yang selalu berubah setiap tahun. Sehingga jika ada yang bertanya "kok ganti gaya lagi?", maka dia akan menjawab "lho, ini kan lagi mode!".

Orang seperti ini adalah orang yang tidak memiliki prinsip dalam hidup, mungkin kalau dia ditanya kamu jalani ini untuk apa? dia paling bisa menjawab "yaa seneng aja" atau mungkin dia akan menjawab seperti ini "seru aja kali ya?". Lucu sekali, hidup kok dijawabnya "seru" artinya dia tidak bisa memahami apa yang dia jalani dalam hidup ini.Dia tidak pernah berfikir untuk hari esok, mungkin dia akan mengatakan "hari ini ya hari ini, besok ya besok".

Padahal nanti suatu hari kelak setiap insan akan ditanya: "untuk apa kamu habiskan umurmu?, kemana kamu pergunakan masa mudamu?". Maka kalau orang yang tidak memiliki jalan hidup dia tidak akan bisa menjawab pertanyaan ini dan bisa jadi dia menggunakan ekspresi seperti orang yang gagu. Sehingga tidak sedikit kita jumpai orang yang memiliki jalan hidup seperti ini. Umur dihabiskan begitu saja tanpa ada makna, harta digunakan hanya sekedar untuk berfoya-foya, dan lain sebagainya. Orientasi orang seperti ini adalah "Muda foya-foya, tua kaya raya, mati masuk surga".

Berbeda dengan orang yang memiliki jalan hidup yang jelas, dia memiliki target tujuan, dan maksud dia jelas, sebelum melakukan sesuatu dia selalu berfikir dimana sisi baik dan buruknya. Maka orang yang seperti ini tidak akan mudah dimakan keadaan, bahkan bisa jadi dia yang mengatur keadaan. Motto orang seperti ini adalah "Anjing Menggonggong Kafilah Berlalu". Kesusahan dia penuh dengan makna ibarat minum air yang dingin disaat terik dan senyumnya ibarat embun di pagi hari.

Lain halnya dengan yang tidak memiliki tujuan maka kesusahan dia adalah sekedar susah yang tidak ada artinya bahkan dia merasa kesusahan yang didapat adalah satu siksaan yang berat buat dia. Sedangkan orang yang memiliki tujuan dia jalani hidup dengan tenang dan tidak risau, menghadapi segalanya dengan lapang dada dan selalu tersenyum.

Adapun orang yang tidak memiliki jalan hidup jika ada sesuatu yang dia tidak miliki maka dia selalu pusing, untuk bisa mendapatkannya dia akan menggunakan cara apapun karena menurut dia "jika saya tidak memiliki ini maka saya akan dibilang ketinggalan".
Dalam kehidupan sehari-hari kita selalu berhadapan dengan dua jenis orang yang seperti ini.Oleh karena itu kita jangan sampai lupa apa yang Allah firmankan dalam Al-Qur’an yang artinya adalah sebagai berikut: "Maha Suci Allah Yang di tangan-Nyalah segala kerajaan, dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu. Yang menjadikan mati dan hidup, supaya Dia menguji kamu, siapa diantara kamu yang lebih baik amalnya.Dan Dia Maha Perkasa lagi Maha Pengampun". (QS. Al-Mulk 67 : 1, 2).

Sekarang mari kita sama-sama berfikir sifat yang manakah dari keduanya yang ada pada diri kita?, jawaban ada pada diri kita sendiri.

kisah Nyata Gadis Berumur 10 tahun yg bernama -Bar'ah- :')

Gadis Bar'ah ini adalah kisah gadis berumur 10 tahun bernama Bar`ah berasal dari Mesir, orangtuanya adalah seorang dokter dan telah pindah ke Arab Saudi untuk mencari kehidupan yang lebih baik.

 

 

Pada usia ini, Bar`ah menghafal seluruh Al Qur'an dengan tajweed, dia sangat cerdas dan

gurunya mengatakan bahwa dia sudah maju untuk anak seusianya.

 

 

Keluarganya kecil dan berkomitmen untuk Islam dan ajaran-ajarannya ... . hingga suatu hari ibunya mulai merasa sakit perut yang parah dan setelah beberapa kali diperiksakan diketahuilah ibu bar’ah menderita kanker, dan kanker ini sudah dalam keadaan stadium akhir/kronis.

 

 

Ibu bar’ah berfikir untuk memberitahu putrinya, terutama jika ia terbangun suatu hari dan

tidak menemukan ibunya di sampingnya ... dan inilah ucapan ibu bara’ah kepadanya "Bar`ah aku akan pergi ke surga di depan Anda, tapi aku ingin kamu selalu membaca Al-Quran dan menghafalkannya setiap hari karena Ia akan menjadi pelindungmu kelak... "

 

 

Gadis kecil itu tidak benar-benar mengerti apa yang ibunya berusaha beritahukan ,

Tapi dia mulai merasakan perubahan keadaan ibunya, terutama ketika ia mulai dipindahkan ke rumah sakit untuk waktu yang lama. Gadis kecil ini menggunakan waktu sepulang sekolahnya untuk menjenguk ibunya ke rumah sakit dan membaca Quran untuk ibunya sampai malam sampai ayahnya datang dan membawanya pulang.

 

 

Suatu hari fihak rumah sakit memberitahu ayah bar’ah bahwa kondisi istrinya itu sangat buruk dan ia perlu datang secepat dia bisa melalui telfon, sehingga ayah bar’ah menjemput Bar`ah dari sekolah dan menuju ke rumah sakit. Ketika mereka tiba di depan rumah sakit ia memintanya untuk tinggal di mobil ... sehingga ia tidak akan shock jika ibunya meninggal dunia.

 

 

Ayah keluar dari mobilnya, dengan penuh air mata di matanya, ia menyeberang jalan untuk masuk rumah sakit, tapi tiba-tiba datang sebuah mobil melaju kencang dan menabrak ayah bar’ah dan ia meninggal seketika di depan putrinya itu...tak terbayangkan ..tangis gadis kecil ini pada saat itu...!

 

 

Tragedi Bar`ah belum selesai sampai di sini... berita kematian ayahnya yang disembunyikan dari ibu bar’ah yang masih opname di rumah sakit, namun setelah lima hari semenjak kematian suaminya akhirnya ibu bar’ah meninggal dunia juga. Dan kini gadis kecil ini sendirian tanpa kedua orangtuanya, dan oleh orangtua teman-teman sekolah bar’ah memutuskan untuk mencarikan kerabatnya di Mesir, sehingga kerabatnya bisa merawatnya.

 

 

Tak berapa lama tinggal di mesir gadis kecil Bar`ah mulai mengalami nyeri mirip dengan ibunya dan oleh keluarganya ia lalu di periksakan, dan setelah beberapa kali tes di dapati bar’ah juga mengidap kanker ... tapi sungguh mencengangkan kala ia di beritahu kalau ia menderita kanker....inilah perkataan bar’ah kala itu: "Alhamdulillah, sekarang aku akan bertemu dengan kedua orang tua saya."

 

Semua teman-teman dan keluarga terkejut. Gadis kecil ini sedang menghadapi musibah yang bertubi-tubi dan dia tetap sabar dan ikhlas dengan apa yang ditetapkan Allah untuknya!.....Subhanallah....

 

Orang-orang mulai mendengar tentang Bar`ah dan ceritanya, dan Saudi memutuskan untuk mengurus nya... ia mengirimnya ke Inggris untuk pengobatan penyakit ini.

 

Salah satu saluran TV Islam (Al Hafiz - The pelindung) mendapat kontak dengan gadis kecil ini dan memintanya untuk membaca Quran... dan ini adalah suara yang indah yang di lantunkan oleh bar’ah...

 

http://www.youtube.com/watch?v=NnNS9ID9Ecw

Link Bar'ah recited

 

Mereka (saluran TV Islam) berhasil menghubungi lagi Bar’ah sebelum ia dlm keadaan koma dan dia berdoa untuk kedua orangtuanya dan menyanyikan Nasheed (Nasyid) ...

 

http://www.youtube.com/watch?v=yD5S-jtxFls

Link Bar'ah Nasheed

 

Hari-hari terlewati dan kanker mulai menyebar di seluruh tubuhnya, para dokter memutuskan untuk mengamputasi kakinya, dan ia telah bersabar dengan apa yang ditetapkan Allah baginya... tapi beberapa hari setelah operasi amputasi kakinya kanker sekarang menyebar ke otaknya, lalu oleh dokter memutuskan untuk melakukan operasi otak... dan sekarang bar’ah berada di sebuah rumah sakit di Inggris menjalani perawatan dalam kondisi koma.

 

Silakan berdoa untuk Bar’ah, dan bagi saudara-saudara kita di seluruh dunia.

 

 

Video bar'ah lainnya .. .

 

http://www.youtube.com/watch?v=gkIO02s6Ywg

 

Link Bar'ah recited

 

 

sumber: http://cityisoc.com/4525-a-little-girl-named-barah/

Moop: Udah salah Sambung! tapi masih maksa!! ,, dasar orang Miring (´▽`)

X: Hallo! Apakah ini kediaman Chow Yun-fat?
Y: Salah sambung, ini kediaman keluarga Lin.

X: Hallo! Apakah ini kediaman Chow Yun-fat?
Y: Salah sambung, goblok! ini kediaman keluarga Lin.

X: Hallo!
Y: Lagi2 kamu! Awas ya!! saya walau cuma pelayan, tapi bisa lapor polisi
X: Apakah ini kediaman keluarga Lin?
Y: Aduh..maaf2, tadi soalnya ada beberapa kali salah sambung. Mau cari siapa tuan?
X: Chow Yun-fat
Y: ??!!@#@$!

X: Hallo!
Y: Kurang ajaaar!!! Kamu nyawanya berapa hah!!!
X: Saya Mr. Lin
Y: Aduh! Maaf majikan! sorry sekali, tadi ada orang gila telpon! ada perintah apa tuan?
X: panggil Chow Yunfat
Y:....(semaput)

Z: Hallo!
Y: (oh ini suaranya lain). Mau cari siapa?
Z: Ini kediaman keluarga Lin?
Y: Iya betul.
Z: saya Chow Yunfat. tadi ada orang cari saya?
Y:....(kejang2)